Minggu, 21 Juni 2020

Gizi untuk Perawatan Kecantikan Bagian Luar dan Dalam


Gizi untuk Perawatan Kecantikan Bagian Luar dan Dalam.
Hampir semua orang ingin terlihat cantik dan menarik. Banyak hal yang dilakukan oleh seseorang agar bisa tampil cantik. Mulai dari melakukan diet super ketat, pergi ke salon, menggunakan kosmetik mahal, minum suplemen dosis tinggi, suntik vitamin, bahkan operasi plastik pun rela dilakukan agar bisa tampil cantik.

Setiap manusia telah dikaruniai oleh Tuhan bentuk jasmani yang terbaik, yang harus disyukuri. Salah satu cara mensyukuri adalah dengan merawat karunia tersebut. Bagaimanakah caranya? Mari kita coba kupas satu per satu.

Perawatan Bagian Luar

- Kebersihan diri, rajin mandi dan keramas, kemudian membersihkan wajah setiap habis keluar rumah penting untuk dilakukan. Tujuannya agar kotoran, polusi dan kuman yang menempel segera dapat dihilangkan sehingga tidak sempat mengganggu kesehatan Anda.

- Perawatan dari ujung kepala hingga kaki. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri atau di salon-salon kecantikan. Contohnya: Facial dan lulur cukup 1 x sebulan dapat membantu Anda tampil cantik. Gunakan kosmetik yang sesuai dan tidak berlebihan juga penting Anda perhatikan.

- Hindari paparan asap rokok dan polusi udara. Lindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari dengan menggunakan topi, payung atau sun block apabila akan keluar rumah pada jam 10-14 siang.

Perawatan Dari Dalam

1. Menjaga berat badan.
Lebih jelasnya mencapai Berat Badan Ideal (BBI), atau paling tidak mendekati ideal. Terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama dapat menyebabkan Anda mudah terkena penyakit.
Apabila terlalu kurus, Anda beresiko memiliki daya tahan tubuh yang kurang untuk melawan penyakit-penyakit menular, sedangkan apabila terlalu gemuk, Anda beresiko menderita penyakit tidak menular atau yang sering disebut dengan penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi, diabetes/penyakit gula, asam urat, jantung, stroke dan kanker.

Bagaimana cara mengetahui Berat Badan Ideal (BBI)? Cara menghitungnya dengan memperhitungkan Tinggi Badan. Rumusnya adalah BBI = [TBcm – 100] – 10%
Contoh: Seseorang TB=160 cm, maka BBI=[160 – 100] – 10% = [60] – 6 kg = 54 kg. Secara umum, selisih +/- 2-3 kg dari BBI masih termasuk normal.

Bagaimana cara mengetahui konsumsi makanan Anda sesuai dengan kebutuhan atau tidak? Secara sederhana, Anda dapat mengetahui konsumsi makan Anda sesuai dengan kebutuhan atau tidak dengan memantau  berat badan. Selama berat badan stabil dalam batas yang normal, berarti konsumsi makanan Anda sesuai. Yang penting, frekuesi makan teratur 3 kali sehari dengan jenis makanan yang bervariasi dan porsi yang sedang, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Untuk variasi, usahakan dalam setiap kali makan ada makanan pokok, sumber lauk hewani dan lauk nabati, sayuran dan buah-buahan.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.
Bagaimana caranya agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi?
Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Makan sayuran minimal 3 porsi sehari, masing-masing porsi sekitar 1 gelas sayuran yang masak dan ditiriskan. Kemudian makan buah 3-4 porsi sehari, masing-masing porsi setara dengan 1 buah pisang ukuran sedang atau buah jeruk, papaya, dan lain-lain.
Sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah, oranye atau hijau kaya vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit menjadi kering, mudah keriput, kulit kasar atau mudah bersisik, jerawat, rambut kering dan berketombe, serta kuku dan kulit mudah terkelupas. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan vitamin A yang berasal dari:

Produk hewani: Telur, daging merah, hati, susu dan produk olahannya
Umbi-umbian: ubi ungu, ubi kuning
Sayuran berwarna hijau dan orange: bayam, brokoli, asparagus, wortel
Buah berwarna (merah-orange): tomat, pepaya, mangga, stroberi
Buah-buahan merupakan sumber vitamin C yang bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas kulit sehingga tetap kenyal, menjaga kulit agar tidak kulit kering, kulit tidak mudah keriput/kendor. Vitamin C juga dapat menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah patah dan kusam. Bahan makanan sumber vitamin C antara lain:

Buah-buahan: jeruk, pepaya, tomat, semangka, apel, pisang
Sayuran: bayam, kubis, brokoli, buncis, kentang, ubi jalar
Hati sapi
Banyak mengkonsumsi makanan dari laut.
Ikan laut banyak mengandung vitamin D dan berbagai mineral seperti zinc dan selenium. Vitamin D bersama fosfor dan kalsium berperan untuk kesehatan tulang dan gigi, serta membantu perawatan kesehatan mata dan kulit. Sumber vitamin D lainnya antara lain susu, minyak ikan, dan kacang-kacangan.

Zinc membantu mengontrol produksi minyak pada kulit, kekurangan zinc mengakibatkan produksi minyak berlebih. Zinc juga berperan penting dalam pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, mempertahankan kesehatan mata, indera perasa/pada lidah, indera pembau dan mengurangi resiko kanker terutama kanker prostat. Sumber zinc yang lain diantaranya telur, daging, hati sapi, unggas, sereal, biji labu, jahe, kacang, oats.

Ikan laut dan seafood terutama tuna, salmon banyak mengandung mineral selenium. Selenium bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas kulit, melindungi kulit dari efek negative radikal bebas. Sumber mineral zinc yang lain: unggas, daging, biji-bijian, telur, bawang, dan hati.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda